Rabu, 24 Agustus 2011

Ramadhan dan Kebaikan



Bulan Ramadhan atau banyak yang diantara kita yang menyebutnya bulan puasa merupakan bulan suci bagi umat muslim. Tak ayal bulan ini begitu dinantikan oleh teman-teman muslimin dah muslimah di seluruh dunia. Umumnya suasana bulan ini begitu berbeda dibandingkan bulan-bulan lainnya, sekilas suasana islami ataupun dekorasi timur tengah biasanya banyak mewarnai sudut-sudut kota.

Di Indonesia, dimana mayoritas penduduknya adalah umat Islam begitu antusias merayakan datangnya bulan ini. Sejak kecil bahkan saya merasa bahwa bulan puasa adalah bulan yang paling banyak memiliki memori terindah. Buka puasa bersama keluarga, yang mungkin tanpa hadirnya bulan puasa kami sekeluarga sangat jarang makan bersama. Kemudian dilanjutkan dengan sahur bersama dan hal yang sampai sekarang masih saya rindukan, menunggu fajar sambil bermain di seputaran komplek rumah.

Terlepas nostalgia indah setiap umat muslim saat bulan puasa, Allah SWT juga memerintahkan bahwa berlomba-lombalah kita dalam melakukan kebaikan. Meski kita juga harus melakukannya di bulan yang lain, tapi Allah menggandakan pahala atau berkah bila kita melakukan kebaikan di bulan ini. Maka tidak heran, banyak sumbangan-sumbangan terjadi dibulan ini, yang sayangnya malah merugikan sesama. Mereka berantrian hanya untuk mendapatkan beras atau sembako murah. Tua, muda, anak-anak menjadi korban buat mereka yang kuat.

Sebenarnya banyak lembaga-lembaga yang memang sangat berkompeten untuk menyalurkan bantuan ini. Organisasi-organisasi yang sangat berpengalaman dalam memberikan bantuan yang tepat sasaran.

Bulan ramadhan ini, selaku masyarakat Jakarta pada umumnya, yang gemar mengakses berita-berita internet serta jejaring sosial yang ada, saya begitu bangga dengan berbagai gerakan yang juga peduli terhadap sesama. Ada LG yang membantu dengan memberikan donasi berupa beras, ada Chocholatos yang juga memberikan sumbangan melalu situs jejaring Bahkan Dove, salah satu produk untuk wanita juga melakukan kampanye donasi #realcare yang bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa.

Melalui hashtag #realcare Dove menyumbangkan donasi untuk ibu-ibu yang memiliki usaha kecil supaya mampu menafkahi keluarga dan mampu memberikan buah hati mereka pendidikan yang layak. Subhanallah, di bulan penuh rahmat ini, tidak hanya kita khususnya umat muslim, bahkan semua pihak berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan.

Ada seorang teman yang nampaknya tidak menyukai “gaya baru” sumbangan melalui sosial media yang dilakukan beberapa perusahaan di atas. Ia mengatakan bahwa umat menjadi lebih gampang untuk melakukan suumbangan. Hanya dengan follow ini itu, dan bahkan hanya “ngetwit” udah bisa nyumbang. Ini membuat mereka malas untuk berbuat kebaikan nantinya.

Saya sama sekali tidak sependapat dengan opini itu, justru Allah SWT malah memberikan begitu banyak kemudahan untuk kita menjalankan ibadah termasuk berbuat baik kepada sesama. Masih ingatkah kita dengan peristiwa isra mi’raj dimana Rosulullah memohon untuk diberikan begitu banyak kemmudahan bagi umatnya untuk beribadah? Dengan begitu mudahnya kita membantu sesama justru menambah kebaikan buat mereka yang membutuhkan.

Mungkin yang ditekankan adalah bukan “gampangnya” melakukan ibadah atau kebaikan, tapi sudah begitu mudahnya kita di beri kesempatan untuk berbuat kebaikan di bulan ramadhan ini, lalu apa kita masih tidak mau melakunnya?


Subhanallah…



Jakarta 24 Ramadhan 1432H




Poto: astamediagroup.com

~ 0 komentar: ~

+

Labels

The Owner

Foto saya
Seorang laki-laki yang baru belajar menulis

Blogroll

About